INFO MENYESATKAN YANG SANGAT MERUGIKAN SOAL PAJAK KENDARAAN November 04, 2017 at 06:34PM

Jika Agan-Agan browsing di Google soal pajak kendaraan, mungkin Agan-Agan akan menemukan banyak sekali situs yang berisi informasi bahwa, "Jangan takut dengan pajak kendaran yang mati, sebab polisi tidak berhak menilang kendaraan Anda.
Jangan percaya Gan! Informasi ini TIDAK BENAR dan sangat MERUGIKAN. Seperti yang dialami oleh teman saya. Mungkin karena termakan oleh tulisan di Internet tersebut, ia tanpa takut dan dengan tenang seolah tanpa dosa melewati pemeriksaan (razia) kendaran bermotor yang dilakukan aparat Kepolisian.
Silakan turun, dan letakkan kendaraan Anda di sana," kata Polisi setelah memeriksa kelengkapan dan keabsahan surat menyurat kendaraan teman saya itu.
Kenapa saya ditilang, Pak? Tuh semua aksesoris kendaran dan surat menyurat saya lengkap.
Karena Anda tidak bisa memperlihatkan STNK yang sah.
Selanjutnya teman saya itu bersitegang urat leher dengan aparat soal pajak kendaraan. Akhirnya ia diizinkan meneruskan perjalanan dengan membawa selembar Surat Tilang dan muka merah setelah diceramahi oleh polisi.

Apa dosa teman saya itu sehingga ia ditilang? Dosanya adalah seperti yang dikatakan oleh polisi tadi, "Tidak bisa menunjukkan STNK yang sah.
Perlu Agan-Agan ketahui bahwa menurut UU. No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 ayat (5) huruf (a) disebutkan: "Pada saat diadakan pemeriksaan Kendaraan Bermotor di jalan setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor wajib menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor.
Kemudian dalam pasal 70 (2) disebutkan: "Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berlaku selama 5 (lima) tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun.
Yang dimaksud dengan "pengesahan setiap tahun" adalah sebagai pengawasan tahunan terhadap registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor serta menumbuhkan kepatuhan wajib pajak Kendaraan Bermotor.

INFO MENYESATKAN YANG SANGAT MERUGIKAN SOAL PAJAK KENDARAAN

Kalau Agan-Agan perhatikan pada lembaran STNK, di sana ada 4 kolom pengesahan, yang akan distempel dan diparaf oleh petugas setelah kita membayar pajak kendaraan. Nah, kalau Agan-Agan belum membayar pajak, secara otomatis STNK-nya juga tidak sah, karena belum disahkan oleh aparat yang berwenang. Jadi, memang polisi tidak menilang karena belum bayar pajak, tapi karena STNK tidak SAH.


1. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
2. Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi.
3. Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan.

S U M B E R


0 Response to "INFO MENYESATKAN YANG SANGAT MERUGIKAN SOAL PAJAK KENDARAAN November 04, 2017 at 06:34PM"

Post a Comment