5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis. November 02, 2017 at 01:10PM

5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.

PT. Akademi Perkeretaapian Indonesia. pertama di Indonesia.

Bila anda berkunjung ke Madiun, rasanya tidak lengkap tanpa oleh-oleh, setiap daerah memiliki ciri khas makanan lokal baik itu tradisonal maupun yang telah berkembang sesuai dengan perkembangan Jaman, oleh-oleh yang biasanya dibawa oleh pengunjung di daerah tertentu, simpel gampang di bawa, tidak cepat berbauh, dan biasanya makanan kering.

Madiun sebagai kota dan kabupaten yang cukup tua, tentu saja banyak penduduknya merantau ke kota atau daerah di luar kota/kabupaten Madiun, pada saat mereka kembali, biasanya mereka mencari makanan khas Madiun untuk dibawa menjadi oleh-oleh.



5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.
Bream Madiun biasanya salah satu oleh yang paling sering di beli oleh masyarakat sebagai oleh-oleh, dikarenakan tahan lama, terutama jarang kota asal pengunjung yg cukup jauh dibutuhkan oleh-oleh yang tahan untuk berepa lama saat di bawa.

Makanan khas Madiun brem ini merupakan ikon jajanan kota Madiun. Brem dibuat dari sari ketan yang sudah di fermentasi. Jangan takut brem ini halal karena dibuat menggunakan beras ketan yang masih segar (belum berubah menjadi tape) kemudian dimasak untuk di fermentasi. Brem khas madiun ini berbentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kuning, rasanya pun cukup adem dan segar ditiap gigitanya karena tekstur brem yang padat langsung lebur dan rasa manisnya langsung menyebar kedalam mulut.



5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.
Setiap daerah pasti memiliki sambel pecel, namun sambel pecel ciri khas Madiun sangat berbeda, apa lagi bagi mereka yang jauh di rantau tentu akan kangen dengan nasi pecel khas Madiun, yang tidak ditemukan di dearah lainnya.

Bumbu pecel khas Madiun ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah, cabai dan ditambah bumbu-bumbu rempah seperti jahe, kunyit, dan gula aren. Namun setiap pembuat mempunyai rahasianya tersendiri sehingga rasanya menjadi lebh nikmat.



5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.
Oleh-oleh khas Madiun yang juga populer dan banyak digemari yaitu Madumongso. panganan ini dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak dicampur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol. Pengemasanya pun unik, biasanya madumongso dibungkus dengan kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol. Jajanan madumongso ini rasanya manis sedikit asam dan saangat nagih saat kita selesai memakannya.



5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.
Bluder Cokro sangat terkenal dan saat ini dijadikan rekomendasi sebagai salah satu oleh-oleh khas Madiun, karena lokasinya berada di Jl. HOS. Cokroaminoto, akhirnya Bluder ini populer dengan nama Bluder Cokro, Bluder cokro ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Pada awalnya Nyonya Susana mendapat resepnya dari orang Belanda dan dibuat hanya untuk dibagikan ke saudara dan kerabat hingga akhirnya berkembang sampai saat ini. Bluder cokro ini memiliki 14 varian rasa antara lain kismis, coklat, keju, original, mix match, kacang, fruty tam, abon, smooked beef, nutela, selai nanas, strawberry, dan blueberry. Rasa yang manis dan tekstur bluder cokro yang lembut membuat roti ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh berbagai kalangan usia, selain itu bluder cokro juga hanya tahan hingga 6 hari karna didibuat masih dengan cara tradisional dan tanpa pengawet.



5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis.
Dan yang terakhir Lempeng atau nama lainnya kerupuk puli adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar nasi yang digepengkan kemudian dijemur hingga kering. Selain itu kerupuk puli dibuat dengan menggunakan pengawet berwarna kuning , biasa disebut bleng. Untuk mengetahui ciri-ciri kerupuk puli yang tidak baik yaitu kerupuk puli yang tampak keras da awet, sedangkan kerupuk puli yang baik adalah kerupuk puli yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

S U M B E R


0 Response to "5 Oleh-oleh Paling di cari oleh Wisatawan bila berkunjung ke Kota Gadis. November 02, 2017 at 01:10PM"

Post a Comment