Cerita Menarik di Balik Bandara Silangit Menjadi Bandara Internasional October 28, 2017 at 06:59PM

Cerita Menarik di Balik Bandara Silangit Menjadi Bandara Internasional

Tepat di hari sumpah pemuda ini. Tanggal 28 Oktober 2017 bakal menjadi hari yang bersejarah bagi pariwisata Danau Toba. Pasalnya, Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan resmi menyandang status bandara internasional.
Untuk pertama kalinya, landasan Bandara Silangit akan didarati pesawat penerbangan internasional. Adalah maskapai nasional Garuda Indonesia yang akan resmi melayani penerbangan Silangit-Singapura.

Penerbangan rute Silangit-Singapura pp akan dilayani sebanyak tiga kali dalam satu pekan dengan pesawat Bombardier CRJ 1000 berkapasitas 96 penumpang.

Namun, ada cerita menarik di balik Bandara Silangit di Toba, Sumatera Utara (Sumut) menjadi bandara internasional.

Di sela peluncuran buku Jokowinomics di Wisma Bisnis Indonesia, Rabu (25/10/2017), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bercerita tentang keteguhan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan bandara perintis tersebut sebagai bandara komersial.

Kenapa Saat Membuat Foto Paspor, Kita tidak Boleh Senyum? Ini Jawabannya?

Padahal awalnya tidak ada sama sekali airline yang mau mendarat di sana, " kata Budi di Jakarta.
Bahkan Garuda Indonesia, kata Budi, sebagai maskapai milik negara pun awalnya menentang. Padahal, potensi wisata Danau Toba amat besar.

Berdasarkan pengalaman Budi berkunjung ke Toba, masyarakat Toba sebenarnya punya daya beli yang cukup tinggi. Selain itu, jumlah penduduknya cukup banyak dan orang Batak dikenal suka pulang kampung.

Masyarakat di sekitar wilayah tersebut juga harus menempuh perjalanan sekitar 7 jam untuk menuju Medan, sedangkan jika harus menggunakan pesawat kecil biayanya tidak terjangkau.
Tapi mungkinfeelingbisnis Pak Jokowi. Dua bulan setelah Garuda mendarat, Sriwijaya langsung bukaflight, " imbuhnya.

Bandara Silangit merupakan bandara yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada awalnya. Bandara ini diresmikan pada 28 Oktober sebagai bandara internasional. Pemerintah berharap dengan ditunjuknya Danau Toba sebagai satu dari sepuluh destinasi wisata baru, bandara tersebut dapat berkontribusi lebih besar.

sumber: bisnis.

S U M B E R


0 Response to "Cerita Menarik di Balik Bandara Silangit Menjadi Bandara Internasional October 28, 2017 at 06:59PM"

Post a Comment