Sudah Tepatkah Pengacara SetNov ambil Tindakan Hukum kepada Netizen Penyebar Meme? November 23, 2017 at 05:19PM

Seperti yang kita ketahui gan, Setya Novanto, menjadi bahan perbincangan warganet dalam beberapa hari terakhir. Mulai saat menghilang ketika akan dijemput penyidik KPK di kediamannya, hingga ketika mengalami kecelakaan karena menabrak tiang listrik. Para warganet pun ramai-ramai membuat dan mengunggah berbagai macam meme Ketua DPR itu.

Menanggapi hal ini, pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, berencana mengambil langkah hukum. Kayak meme kan, satu-satu saya masukin polisi. Saya enggak pusing, gitu saja," kata Fredrich di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Sudah Tepatkah Pengacara SetNov ambil Tindakan Hukum kepada Netizen Penyebar Meme?

Dia mengatakan, rencana pelaporan ini akan segera dilakukan. Saat ini, pihaknya masih mengumpulkan data-data untuk melengkapi laporan tersebut. Jelas, banyak sekali. Anak buah saya sedang evaluasi," tambah pengacara Setya Novanto itu. Namun, Fredrich belum mau mengungkapkan kapan laporan tersebut disampaikan. Termasuk berapa banyak akun yang dilaporkan. Fredrich hanya mengatakan bahwa anak buahnya tengah mengevaluasi akun yang dilaporkan ke polisi.

Kalau sudah ditangkap baru saya kasih tahu ya," kata dia.

Sebelumnya, Novanto melalui pengacaranya juga sempat melaporkan sejumlah akun yang membuat meme Setya Novanto saat terbaring sakit di RS Premiere Jatinegara. Polisi juga sudah menangkap dan menetapkan sebagai tersangka salah satu orang yang dilaporkan. Ketika Setya Novanto menghilang saat dijemput paksa KPK, tak hanya dunia nyata yang heboh, dunia maya pun turut mencarinya. Hastag atau tanda pagar #IndonesiaMencariPapah nangkring di peringkat pertama dalam trending topic di Twitter. Warganet geram atas sikap ketua DPR tersebut.

Kecelakaan Setya Novanto pada Kamis, 16 November 2017 malam juga membuat heboh warganet. Bukan hanya menduduki trending topic di Indonesia, akun-akun satire terkait insiden tersebut juga muncul. Beragam komentar ditulis warganet. Bahkan meme-meme tentang Setya Novanto pun diunggah dalam masing-masing akun mereka.

Papah cepat pulang, lagi banyak tamu ni kerumah mau lihat rumah papah yang meiwahhh #IndonesiaMencariPapah," tulis sebuah akun.

Please deh pah, mending papah cepet pulang. Kami sebagai laki2 di cap jelek karna papah suka menghilang, kesannya semua laki2 suka menghilang #IndonesiaMencariPapah," tulis warganet lain.

Kecelakaan Setya Novanto pada Kamis, 16 November 2017 malam juga membuat heboh warganet. Bukan hanya menduduki trending topic di Indonesia, akun-akun satire terkait insiden tersebut juga muncul.

Salah satunya adalah akun @TiangListrik_ID, yang mengunggah sejumlah twit berisi klarifikasi atas pemberitaan kecelakaan yang menyudutkannya itu. Twit akun @TiangListrik_ID berisi klarifikasi bahwa "ia" bukan penyebab kecelakaan yang dialami Setya Novanto.

Lantas yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana polisi mengetahui penyebar meme-meme setnov yg berjumlah ratusan atau bahkan ribuan itu? apakah akan dituntut semua?

Kata Aktivis Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu menilai langkah Setya Novanto yang melaporkan pembuat memenya ke polisi terlalu berlebihan. Begitu juga langkah kepolisian yang langsung memburu dan menangkap pembuat meme Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu. Erasmus menilai, meme yang dibuat oleh warganet bukan lah sebuah penghinaan. Meme tersebut adalah bentuk kreativitas warganet untuk menyampaikan kritik terhadap Novanto sebagai pejabat publik yang tengah terjerat dalam kasus korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Sebelumnya dikabarkan akan melaporkan 300 akun ke polisi yang dinilai menghina dengan berbagai "meme" dan unggahan di media sosial, tetapi kemudian disaring menjadi hanya 32 akun.


Kalo kasus meme SN naik ke pengadilan maka hukum di negeri ini mundur jauh ke jaman orde baru.

Katanya sekarang Era bebas berpendapat? kebebasan berpendapat kita ternyata semu.
liat saja meme Trump banyak gitu nggak ada kasus.

gimana menurut ente nih gan? maap klo trit ane awut2an.

emoticon-Takut

S U M B E R


0 Response to "Sudah Tepatkah Pengacara SetNov ambil Tindakan Hukum kepada Netizen Penyebar Meme? November 23, 2017 at 05:19PM"

Post a Comment