Friday, October 27, 2017

30 Hari Mencari Customer October 27, 2017 at 10:29PM

30 Hari Mencari Customer

Mau share dikit suka duka jadi driver ojek online, kurang lebih udah sebulan saya jadi driver ojek online. Status jadi driver doang yang udah sebulan, kalau perkara ngojeknya sendiri mungkin cuma sekitar 10 hari. Itu juga tiap ngojek paling cuma 3-4 jam, ya tergantung mood ajalah pokoknya, kalau lagi pengen narik ya narik kalau gak ya enggak.

Saya sendiri termasuk orang yang buta arah, gak begitu mengenal jalanan kota sendiri walaupun udah lama tinggal disini, dan doyan nyasar sampe-sampe di mal aja bisa nyasar. Jadi driver ojol ini bisa dibilang tantangan sih, ya mana tau dengan profesi sampingan ini bisa nyembuhin penyakit buta arah yang lumayan akut.

Selama sebulan menjadi driver saya kurang lebih dapet 20 orderan, macam-macam sih, ada yg go-ride, go-food, dan go-send. Dari 20 orderan duit yg didapat kalau menurut saya lumayan, bahkan lebih dari cukup, ya itung-itung bisa buat beli pulsa sama kuota.
Pendapatan hampir seimbang ama uang jajan sebulan, lumayan gak tuh ? padahal kerja gak full cuma iseng-iseng doang. Yang bikin pendapatan lumayan ya banyak customer yang sering ngasih tip, jadi gak heran dengar cerita-cerita driver yg lain kalau sebulan full ngojek bisa dapet 4-5 juta (untuk kota pekanbaru ini udah bisa dibilang gede).

Pertama mulai narik itu 3 hari setelah terdaftar sebagai driver ojol. Sekitar jam 3 sore mulai ngaktifin status narik di aplikasi driver, nungguin orderan masuk di rumah dulu gak langsung jalan. Sekitar 15 menit gak ada orderan baru deh keluar rumah, mau nyoba ngarah ke pusat kota kali aja di sana rame orderan. Selama dijalan tiap papasan sama driver lain pasti diklaksonin, otomatis klakson balik, jadinya klakson motor sering dipake semenjak jadi driver gojek, gak lama jalan adzan ashar berkumandang, mampir dulu di mesjid buat menjalankan kewajiban dan gak lupa itu status narik di aplikasi driver saya nonaktifin dulu. Kelar sholat langsung ngaktifin status narik, selang 5 menit orderan masuk, orderan otomatis keambil karena saya ngidupin fitur autobid di aplikasi, berhubung ini orderan pertama dan masih kikuk ama sistem aplikasi saya langsung aja swipe pilihan ngantar orderan (padahal pesanan belum dibeli).

customer : udah siap ya pak pesenennya ? kok cepet amat ?
saya : (dengan sedikit rasa panik sayapun ngejelasin) gak sengaja keswipe pak, maklum pak orderan pertama jadi masih bingung.

Abis minta maaf langsung buru-buru ke restoran yang di order ama customer, ini restoran letaknya di dalam suatu mal di kota Pekanbaru, dan saya gak tau posisi persinya dimana, begitu masuk langsung nyariin dan gak nemu.
Untungnya ada kakak-kakak yang lagi jagain stand minuman manggil saya.


saya : lagi nyari (nama restoran) kak, dimana ya tempatnya?

Setelah ketemu saya langsung masuk itu restoran, disambut dengan ramah oleh para pelayan, berasa agak beda aja ramahnya dibandingin nyambut orang yang gak pake atribut gojek. Mereka langsung nanyain pesanan dan nawarin air minum buat nungguin (beneran asli ramah banget pelayannya). Setelah orderan selesai langsung deh nganterin ke alamat si customer, gak lupa waktu mau keluar mal mampir lagi ke tempat si kakak yang tadi buat ngucapin makasih.

Bermodalkan GPS dengan pengisi suaranya yg manis sayapun tancap gas ke alamat customer, kalau kata GPS kanan saya belok kanan, kalau kiri saya belok kiri, kalau lurus ya saya lurus hingga akhirnya sampe di tempat tujuan. Begitu sampe depan rumah customer saya panggilin dari luar, yang keluar ibu-ibu paruh baya, beda sama customer yang sebenernya laki-laki (dari namanya), ternyata yg order menantu dari ibu tersebut yang masih di kantor. Langsung deh saya serahin itu pesanan beserta bil dan total tagihan semuanya. Ibu-ibu itu ngasih duit 100rb dan bilang "udah kembaliannya ambil aja", total tagihan waktu itu 92rb (udah sama ongkos) jadi 8rb tip dari ibu itu, jujur tip yg 8rb itu menurut saya banyak sih ya harus disyukuri. ngan mengucapkan "alhamdulillah" di dalam hati sayapun mulai narik lagi, nyobain keliling kota dulu mau lihat driver-driver lain pada mangkal dimana, ada beberapa spot yang drivernya pada rame, waktu itu belum berani gabung ama mereka, masih canggung soalnya kan masih newbie banget. ngga magribpun tiba orderan gak ada masuk, mampir lagi di mesjid yang tadi buat sholat magrib dulu, kelar sholat magrib saya putusin buat udahan, langsung nonaktifin status narik dan pulang ke rumah.

Ngegojek selanjutnya saya coba buat keluar malam setelah isya, ngeberaniin diri buat gabung sama driver-driver lain yang lagi pada mangkal, ada satu driver bapak-bapak yang nyamperin saya.
bapak driver : driver baru ya dek ?
saya : iya pak, baru banget, belum seminggu ?
bapak driver : udah dapat berapa ?

Sambil nungguin orderan kamipun saling cerita, ini bapak udah berkeluarga dan punya anak 2 orang, si bapak minjem gadget anaknya buat ngegojek, beliau juga ngasih tips dan trik supaya dapet orderan, ditunjukin deh tu sama si bapak jam-jam dan spot-spot yang rame orderan. Gak terasa udah jam 10 malam, dan orderan gak ada yang nyangkut, tetep bersyukur sih karena walaupun gak dapat orderan saya dapat temen-temen baru yang juga driver ojol, dan juga bersyukur malam itu bisa saling sharing sesama driver ojol, hitung-hitung nambahin ilmu biar rame orderan.

Beberapa hari kemudian saya ngojek lagi, saya ikutin deh tu tips dan trik yang udah didapat dari para driver lain waktu ikutan mangkal kmaren, dan bener aja setelah ngikutin itu tips dan trik orderan ada aja yang masuk, sehari minimal 2 sampai 3 orderan yang menurut saya udah lumayan karena biasanya saya ngojek ya paling lama 3 jam-an.

Suatu pagi abis nganter customer saya pernah dapet orderan buat jemput ke bandara, mengingat kalau driver dilarang ambil customer ya saya telfon itu customer buat minta dicancel. Ditelpon berkali-kali gak bisa karena nomor tidak aktif, langsung nebak kalau ini mungkin kerjaan supir taksi disana mau ngejebak, terpaksa deh saya yang cancel tu orderan. Bukannya apa-apa sih cuma kalau driver keseringan nge-cancel bisa kena sanksi suspend.

Ada juga pengalaman dapet orderan nganterin customer cewek ke salah satu mal di Pekanbaru, lokasi ngejemputnya gak begitu jauh dari rumah, begitu nyampe di rumah customer langsung saya telfon buat ngabarin kalau udah sampe, si customerpun keluar dan asli itu customer cakep, seumuran saya ada sih kayaknya. Kita gak langsung berangkat, si customer cewek ini pengen sekalian minta tolong nganterin surat (offline gak lewat aplikasi) ke salah satu kantor dinas di Bangkinang (jarak Pekanbaru-Bangkinang kurang lebih 40 km), setelah deal sama tarif baru deh saya antar ke mal. Jujur aja saya gak biasa ngebonceng cewek, cakep pula, biasanya ngebonceng emak sendiri ke pasar. Oleh karena itu saya bawa motor lumayan gregetan, bingung harus kenceng atau pelan bawa ni motor, ya namanya juga driver lama melajang ya gini. Sepanjang perjalanan si customer cewe ini curhat perkara susahnya bikin KTP, saya ladenin aja curhatnya biar gak gregetan bawa motor, jadi berasa lagi ama pacar gitu (padahal udah jomblo sekian tahun).

Nah, terus suka duka menjadi driver ojol itu apa sih ? jujur aja dukanya mungkin gak ada, paling ya awal-awal aja sepi orderan setelah itu mah alhamdulillah ada aja, trus sukanya banyak, menjadi driver ojol secara gak langsung bikin saya taat aturan lalu lintas, kemudian bisa bertemu banyak customer yang bermacam-macam, dan pastinya temen-temen baru sesama driver, bergabung dengan ojol ini seperti masuk ke dalam suatu komunitas baru, berhubung saya orang yang suka berkomunitas jadi dinikmati banget yang namanya ketemu banyak orang.

Mungkin ini profesi terkesan sederhana, tapi dibalik itu banyak cerita dan pengalaman yang mungkin bisa mengubah saya menjadi orang yang lebih baik di masa depan.

S U M B E R


No comments:

Post a Comment